Selasa, 14 Mei 2013

anatomi aves



ANATOMI AVES


Aves memiliki bagian-bagian dalam yang terdiri dari pulmo, cor, hepar, proventikulus , ventrikulus, dam intestinum.
anatomi aves terdiri dari sistem rangka, sistem pencernaan, sistem reproduksi, sistem pernafasan, sistem eksresi, dan sistem sirkulasi.

Sistem Rangka

Sistem rangka pada aves sama berfungsi sama seperti sistem rangka pada manusia. Rangka pada aves berfungsi sebagai berikut :

- Melindungi organ-organ dalam, contohnya tulang tengkorak untuk melindungi organ - organ dalam di kepala seperti otak, mata dll.
Untuk menggerakkan sayap, contohnya pada tulang lengan
- Tempat melekatnya otot untuk terbang, contohnya pada tulang dada



Sistem Pencernaan


saluran pencernaan pada aves terdiri dari paruh kemudian menuju ke rongga mulut lalu melewati kerongkongan menuju ke tembolok, tembolok merupakan penyimpan makanan sementara. Setelah itu menuju ke lambung kelenjar, kemudian ke empedal lalu ke usus halus.Di usus halus, makan yang telah di cerna di serap lalu menuju ke usus besar. Makanan yang telah di serap dan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh dikeluarkan melalui kloaka.
Sistem Reproduksi Pada Aves


pada gambar, sistem reproduksi pada aves (jantan) terdiri dari sepasang testis, kemudian vas diferens (saluran sperma), dan dikeluarkan melalui kloaka. Sedangkan sistem reproduksi pada aves betina terdiri dari ovarium (namun hanya memiliki satu ovarium yang berfungsi yaitu ovarium kiri, ovarium kanan tidak tumbuh dengan sempurna dan tetap kecil atau disebut rudimenter), ovarium dilekati oleh suatu corong penerima ovum yang dilanjutkan oleh oviduk. ujung oviduk membesar menjadi uterus dan bermuara pada kloaka.


Sistem Pernafasan




sistem pernafasan pada burung dimulai dari lubang hidung, udara masuk melalui lubang hidung yang berhubungan dengan trakea, bronkus dan paru-paru. paru-paru pada burung dibungkus oleh selaput yang benama pleura. paru-paru juga berhubungan dengan kantung udara atau biasa disebut pundi-pundi udara, paru-paru pada aves tidak terdapat alveoulus, namun sebagai gantinya adalah pembuluh. Pada saat terbang burung bernafas dengan menggunakan kantung udaranya. sedangkan pada saat ia beristirahat bernafas dengan menggunakan paru-paru.


Sistem Sirkulasi




Sistem sirkulasi pada aves memiliki jantung yang beruang empat, yaitu antrium kanan, atrium kiri, ventrikel kanan dan ventrikel kiri. Sistem peredaran darahnya yaitu sistem peredaran darah ganda dan sistem peredaran darah tertutup. jantung pada aves berbentuk seperti kerucut terbalik yang dilapisi oleh selaput yang biasa disebut perikardium.

Sistem Eksresi

Sistem eksresi pada aves adalah ginjal, paru-paru dan kulit, tidak memiliki kantong kemih sehingga urin dan feses keluar bersamaan melalui kloaka. Aves memiliki kelenjar minyak pada tunggingnya, kelenjar minyak ini berguna untuk meminyaki bulu-bulunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar